Kerjasama Jamsos Ketenagakerjaan Pasar Mamuju Keren Diteken

  • Whatsapp
Dari kiri : Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Barat, Iman.M.Amin dan PLT Kadis Perdagangan Mamuju, saat menandatangani dokumen kerjasama Jamsos ketenagakerjaan di wilayah pasar, Rabu16/06/21.(Dok : Mp)

Mamuju – editorial9 – Dinas perdagangan Kabupaten Mamuju bersama BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Barat, melakukan penandatangan kerjasama tentang Jaminan Sosial (Jamsos) ketenagakerjaan di wilayah pasar Mamuju keren, disalah satu cafe di Mamuju, Rabu, 16/06/21.

PLT Kadis Perdagangan Kabupaten Mamuju, Oktafianus, mengatakan bahwa langkah tersebut dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk memberikan perlindungan pada warganya yang setiap harinya bekerja di pasar, lataran  dinilai rentan akan kecelakaan kerja.

Bacaan Lainnya

“Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan setiap resiko atau kecelakaan kerja yang ada di pasar itu bisa dicover oleh jaminan sosial ketenagakerjaan. Jamsos ketenagakerjaan memiliki tiga asas manfaat yakni perlindungan bagi tenaga kerja yang ada di pasar, resiko kecelakaan kerja, resiko kematian dan jaminan hari tua,” ucap Oktavianus, kepada awak media.

Selain itu ia mengungkapkan, sebagai langkah awal dari program itu, terdapat Tiga tempat yang akan dijadikan sasaran percontohan yakni Pasar sentral Mamuju, pasar baru Mamuju dan Pasar di Kecamatan Kalukku.

“Sebenarnya, kita ingin seluruh pasar yang ada di Kabupaten Mamuju, tetapi untuk langkah awal ini tentunya kita targetkan untuk Tiga pasar,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala kantor BPJS Ketenagakerjaan Provinsi Sulawesi Barat, Iman.M.Amin, menambahkan bahwa secara tehknis sebagai impelementasi dari kerjasama tersebut, pihaknya akan turun langsung ke pasar-pasar melakukan monitoring dan evaluasi, dalam waktu Tiga bulan kedepannya.

“Namun untuk langkah awal ini, nanti tim kami bersama dengan petugas pasar, akan melakukan kunjungan retribusi dan sosialisasi,” terang Iman.

Untuk iurannya nanti kata Iman, khusus jaminan kecelakaan kerja dikenakan tarif Rp.10.000 perbulannya dan manfaatnya seluruh biaya perawatan jika terjadi kecelakaan kerja hingga sembuh, akan menjadi tanggungan BPJS Ketenagakerjaan, jaminan kematian Rp.6.800, sehingga ahli waris nantinya akan mendapat santunan senilai Rp.42.000.000,serta jaminan hari tua yang berbentuk tabungan senilai Rp.20,000.

“Jadi total perbulannya itu adalah 36.800 rupiah per orangnya,” pungkasnya.

Ia berharap, dengan terjalinnya kerjasama Jamsos tersebut, seluruh masyarakat pekerja khuusunya yang berada di Pasar, secara keseluruhan bisa terlindungi.

“Apalagi, ini juga untuk mendukung program pemerintahan yaitu membuat Mamuju Keren, seluruh masyarakatnya utamanya yang ada di pasar ini, memiliki perlindungan jaminan sosial,” tutupnya.(Mp/Adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *