KPU Polman Sosialisasi Rancangan Tahapan Pemilu 2024 dan Verifikasi Parpol

  • Whatsapp
Berkostum kemeja hitam, Komisioner KPU Polman, Munawir Arifin, saat membawakan materi di acara diklat pengurus DPC Partai Gerindra Polman, di Polewali, Sabtu, 21/05/22.(Dok:Ist)

Polman – editorial9 –  KPU Kabupaten Polman, melakukan sosialisasi rancangan tahapan dan verifikasi Partai Politik, dalam rangka Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Diketahui, agenda tersebut dilakukan saat memenuhi undangan pemateri dari DPC Partai Gerindra Kabupaten Polman, yang menggelar Diklat Pengurus Anak Cabang (PAC), di Polewali, Sabtu, 21/05/22.

Bacaan Lainnya

Komisioner KPU Polman, Munawir Arifin, menjelaskan pentingnya pengurus partai memahami UU Pemilu, mekanisme pendaftaran, verifikasi Parpol serta dokumen persyaratan yang harus disiapkan kedepannya.

“Undang-undang Pemilu kita yaitu undang-undang nomor 7 tahun 2017 saat ini tidak berubah. Sehingga acuan KPU kedepan tetap menggunakan undang-undang ini, dalam menyusun rancangan tahapan dan peraturan KPU,” ucap Munawir Arifin.

“Termasuk hal-hal teknis, terkait rancangan PKPU mekanisme pendaftaran, verifikasi dan syarat dokumen Parpol serta mekenisme lainnya, dalam pembuatan produk PKPU,” sambungnya.

Selain itu, ia juga menjelaskan tentang urgensi tahapan pendaftaran,verifikasi dan penetapan Parpol sebagai peserta Pemilu kedepan. Dikaitkan dengan putusan MK Nomor : 55/PUU-XVIII/2020 tahun 2020, yang secara garis besar menciptakan kriteria Parpol dan verifikasi Parpol yang akan mengikuti Pemilu nantinya.

“Karena UU Pemilu kita tidak berubah, termasuk dengan adanya putusan MK tahun 2020 terkait syarat verifikasi administrasi dan faktual bagi Parpol, yang telah memiliki kursi di DPR RI dan Parpol yang tidak memiliki kursi. Termasuk Parpol baru mengharuskan KPU menyusun draf rancangan PKPU terkait mekanisme verifikasi Parpol yang sesuai dengan putusan MK, yang sementara disiapkan KPU,” jelas Ketua Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Polman itu.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Gerinda Kabupaten Polman, Jumiaty A. Mahmud, mengapresiasi kehadiran KPU Polman pada agenda Diklat yang dilaksanakannya.

“Kami berterima kasih karena KPU Polman berkenan hadir mengisi materi terkait persiapan tahapan Pemilu dan verifikasi Parpol kedepan,” beber Jumiaty.

Pihaknya menilai, rancangan  tahapan Pemilu 2024 dan verifikasi Parpol tahun sangat penting diketahui oleh seluruh jajaran pengurusnya, mengingat Parpol besutan Prabowo Subianto itu, merupakan peserta Pemilu.

“Hal ini juga penting bagi kesiapan kami di DPC Gerindra Polman, khususnya PAC kami dalam menghadapi Pemilu 2024”, tutup mantan Anggota DPRD Provinsi Sulbar itu.(Rls)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.