Ketua KPID Sulbar Minta Mahasiswa Cerdas dan Bijak Mengelola Informasi

  • Whatsapp
Ketua KPID Sulbar, Mu'min, membawakan materi di forum literasi media dan KPID Goes To Campus, di Kampus Unika Mamuju, Senin,26/09/22.(Dok : Ist)

Mamuju – editorial9 – Ketua KPID Sulbar Mu’min, meminta mahasiswa agar cerdas dan bijak dalam mengelola informasi, yang saat ini begitu deras membanjiri berbagai platform media.

Menurutnya, informasi atau berita yang disuguhkan media sosial (Medsos) belum tentu sepenuhnya dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

Bacaan Lainnya

“Oleh karena itu, mahasiswa diminta untuk tetap melestarikan budaya menonton siaran TV dan mendengarkan siaran radio ditengah riuhnya dunia internet yang kian masif,” ucap Mu’min, saat gelaran literasi media dan KPID Goes To Campus, di kampus Unika Mamuju, Senin, 26/09/22.

Selain itu ia menambahkan, bahwa mahasiswa adalah angkatan muda atau generasi yang produktif, dimana ada bonus demografi yang selalu membayangi langkah mahasiswa.

“Bonus tersebut, dibalut peluang dan tantangan melalui teknologi digitalisasi, ini merupakan peluang sekaligus tantangan bagi mahasiswa,” tambahnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, jika mahasiswa sebagai generasi Z mampu melahirkan ide dan mengelola gagasan ke hal positif ditengah derasnya arus globalisasi ini maka peluang itu akan terbuka lebar.

“Tapi bila tak dimanfaatkan dengan baik, maka justru akan membawa mahasiswa kearah yang tidak baik, katanya.

Mantan aktivis HMI itu, juga mengajak mahasiswa agar memerdekakan cara berpikirnya, sehingga dapat menyaring segala informasi yang dilihat dan didengar, salah satunya dengan mengikuti literasi media.

“Agar mampu mengakses informasi, mampu menganalisis, mampu mengevaluasi dan mampu menciptakan informasi yang baik. Sehingga, bisa membedakan mana informasi yang bermanfaat serta mencerdaskan dan mana informasi yang justru merusak pikiran kita,” tutupnya.(Rls/Mp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *