PJ Gubernur Sulbar : Izin PLTA Karama Tak Pernah Dikeluarkan

  • Whatsapp
PJ Gubernur Sulbar, Akmal Malik, saat menerima penyampaian aspirasi dari Forum Masyarakat Kalumpang Raya, Senin, 23/05/22.(Dok : Huma Pemprov Sulbar)

Sulbar – editorial9 – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar), tidak pernah mengeluarkan izin lingkungan ke PLTA Karama.

Hal itu disampaikan oleh PJ Gubernur Sulbar, Akmal Malik, saat menerima penyampaian aspirasi dari Forum Masyarakat Kalumpang Raya, di Tribun Merah Putih, Senin, 23/05/22.

Bacaan Lainnya

“Sampai saat ini, kita tidak pernah mengeluarkan izin lingkungan pembangunan PLTA,” ucap Akmal Malik.

Selain itu, pihaknya sangat mendukung semua upaya langkah -langkah dari Forum Masyarakat Kalumpang Raya. Menurutnya, pemerintah wajib melindungi masyarakat, sehingga atas dasar itu ia akan mengundang tokoh masyarakat dan Pemkab, untuk mengambil keputusan secara bersama.

“Saya tidak mau ada yang dirugikan, harus melibatkan semua pihak termasuk akan melakukan koordinasi dengan DPRD Sulbar, barulah diputuskan terkait pembagunan PLTA yang dilaksanakan oleh PT DND Hydro Ecopower,” ungkapnya.

“Karena izin merupakan kewenangan dari pemerintah pusat, sedangkan Pemprov Sulbar, hanya mengeluarkan persetujuan lingkungan,” sambungnya.

Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri itu, juga membeberkan bahwa pihaknya akan terus berupaya, agar tuntutan masyarakat Kalumpang Raya terpenuhi.

“Karena, pemerintah bergerak atas nama masyarakat,” bebernya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Kalumpang Raya, Kalvin Kalambo, menegaskan, bahwa Pemprov Sulbar tidak boleh mengizinkan investasi, yang nyatanya telah ditolak masyarakat.

“Sepenuhnya, masyarakat Bonehau-Kalumpang tidak menolak investasi atau pemberdayaan, karena di hulu sungai Karama sejak 10 tahun lalu sudah ada investasi PLTA yang masuk.Tapi jangan korbankan masyarakat lokal. Kami, tidak mau ada pihak lain yang bermain-main dengan keselamatan warga kami,” tutur mantan Anggota DPRD Sulbar itu.(Rls/Mp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.