Wacana Kota Madya di Forum Paripurna HUT Mamuju ke-481

  • Whatsapp
Rapat paripurna HUT Mamuju ke-481, Rabu,14/07/21.(Dok: Mp)

Mamuju – editorial9 – Wacana peralihan status kabupaten menjadi kota madya, kembali menjadi perbincangan di forum paripurna Hari Ulang Tahun (HUT) Mamuju yang ke-481.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mamuju, Syamsuddin Hatta, mengatakan bahwa paripuna HUT Mamuju yang ke-481 ini, merupakan kesempatan yang baik untuk menyampaikan ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, dalam hal ini Gubernur dan Ketua DPRD Sulbar tentang pentingnya pembentukan daerah kota madya, karena itu tertuang dalam salah satu pasal tentang daerah otonomi Provinsi Sulbar adalah Mamuju.

Bacaan Lainnya

“Namun sampai saat ini, sudah berapa puluh tahun belum berubah status kabupaten menjadi kota madya,” ucap Syamsuddin Hatta, usai rapat paripurna HUT Mamuju ke 481, di Kantor DPRD, Rabu, 14/07/21.

Ia pun berharap, agar Pemprov Sulbar proaktif dalam mendorong sehingga peralihan status dari kabupaten menjadi kota madya Mamuju bisa segera terwujud, karena hal tersebut telah melekat di batang tubuh Undang-Undang (UU) pembentukan daerah Provinsi Sulawesi Barat.

“Tentu harapan kita, pemerintah pusat tidak hanya memikirkan ibu kota negara, tapi tidak terlepas juga amanat undang-undang pembentukan otonomi daerah, yakni mendorong kota Mamuju sebagai kota madya,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Mamuju, Sutinah Suhardi mengakui, bahwa mewujudkan terbentuknya kota madya juga merupakan tugas dari pemerintah kabupaten saat ini.

“Cuma kita terkendala dengan aturan kerena ini kan pandemi, jadi banyak anggaran yang direfcousing, jadi untuk pemekaran wilayah itu dari Kemendagri di setop dulu, mengingat masih adanya pandemi ini,” terang Sutinah.

Mantan Kadis Perdagangan Kabupaten Mamuju itu juga berharap, pemerintah pusat secepatnya membuka moratorium tentang pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB).

“Mudah- mudahan untuk pemekaran wilayah bisa segera dibuka dan mewujudkan ibu kota Provinsi Sulawesi Barat, jadi kota madya,” tuturnya.

Untuk diketahui, pelaksanaan rapat paripurna HUT Mamuju ke 481 tahun yang dihadiri langsung oleh Gubernur Sulbar, Alibaal Masdar, Ketua DPRD Sulbar Suraidah Suhardi, para Bupati dan Wakil Bupati se Sulbar serta tamu undangan lainnya. digelar secara virtual dan menerapkan Protkol Kesehatan (Prokes) Covid19.(Mp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *