Makna Hari Lahir Pancasila Dalam Konteks Pandemi Covid19

  • Whatsapp
Upacara peringatan hari lahir Pancasila, secara virtual di Mapolresta Mamuju.(Dok : Mp)

Mamuju – editorial9 – Bangsa Indonesia, di Tanggal 01 Juni setiap tahunnya selalu memperingati hari kesaktian Pancasila, Tanggal tersebut juga ditetapkan sebagai hari libur nasional, berdasarkan keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016. silam.

Dalam konteks sejarah, Pancasila resmi menjadi dasar berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), pertama kali dikemukakan pada 1 Juni 1945 oleh Presiden RI Soekarno (Bung Karno), saat berpidato di forum sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).

Bacaan Lainnya

Ketika berpidato dalam sidang BPUPKI 1 Juni 1945 , Bung Karno mengemukakan lima konsep untuk dijadikan sebagai dasar negara Indonesia.

Lima konsep tersebut, meliputi  konsep kebangsaan, internasionalisme, permusyawarakatan, kesejahteraan dan Ketuhanan.

Terkait momentum peringatannya, hari kesaktian Pancasila sendiri sejak Tahun 2020 hingga 2021 ini sedikit mengalami perbedaan dimana di Tahun- tahun sebelumya diperingati dengan menggelar upacara di lapangan, namun sejak pandemi Covid19 agenda tersebut sedikit mengalami perubahan, lantaran selain dibatasi para peserta upacaranya, pun dituntut untuk tetap menjaga jarak dan menaati Protokol Kesehatan (Prokes).

Di Mapolresta Mamuju sendiri tepatnya di Aula wirasatya 96 Polresta , walaupun secara tehknis pelaksaan upacara peringatan hari lahir Pancasila tersebut dilaksanakan secara virtual, namun hal itu tidak mengurangi sakralnya kegiatan. Bahkan momentum tersebut memiliki makna dari sila-sila Pancasila, dalam konteks pandemi virus corona saat ini, bagi Wakapolresta Mamuju, AKBP Arianto.

“Pancasila dalam rumusan sila-silanya telah memberikan nilai-nilai yang mendasar terkait konsep Tuhan, alam, dan manusia secara utuh dan komprehensif. Melalui kejadian pandemi corona ini, kita tersadarkan adanya sebuah relasi antara Tuhan yang maha esa, manusia dan alam semesta” ucap Wakapolresta Mamuju, AKBP Arianto, saat memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila, secara virtual, Selasa, 01/06/21.

Selain mengajak masyarakat untuk mengenang sejarah perjuangan para pahlawan, dia juga berharap peringatan hari lahir Pancasila Tahun 2021 ini, menjadi momentum pemersatu ideologi kebangsaan.

“Mari kita sadari bahwa para leluhur kita terdahulu, selain berjuang melawan penjajah mereka juga berfikir keras untuk menyatukan ideologi bangsa agar dapat bersatu, sehingga lahirlah Pancasila ini yang mengandung makna yang sangat dalam bagi kehidupan bernegara.

Pancasila merupakan ideologi dan pandangan hidup bangsa Indonesia yang memberikan dasar filosofi dan nilai-nilai bagi kita semua,” tutupnya.(Mp)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *