Satlantas Polresta Mamuju Tindak Pengguna Knalpot Bogar

  • Whatsapp
Personil Satlantas Polresta Mamuju, saat menindak pemotor yang menggunakan knalpot bising.(Dok : Humas Polda Sulbar)

Mamuju – editorial9 – Kepolisian dari Satlantas Polresta Mamuju, menyita knalpot yang tidak sesuai dengan standarisasi tehknis operasional.

Kasat lantas Polresta mamuju AKP Kemas Aidil Fitri, mengatakan bahwa berdasarkan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2009, tentang lalulintas dan angkutan jalan, aparat kepolisian memiliki kewenangan untuk menindak pengendara, yang memakai knalpot bising.

Bacaan Lainnya

“Penindakan pelanggaran knalpot bising (bogar) berdasarkan pasal 285 UU LAJ, yakni setiap kendaraan bermotor yang dioperasionalkan di jalan, harus memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan,” ucap AKP Kemas, melalui pres rilis Humas Polda Sulbar,Rabu, 02/06/21.

Menurutnya, sesuai pasal 285 Ayat 1 UU LAJ, setiap orang yang mengemudikan sepeda motor di jalan tidak memenuhi persyaratan teknis dan layak jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot dan kedalaman alur ban, sebagaimana dimaksud dalam pasal 106 ayat (3) junto pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda, paling banyak Rp250.000.

“Jadi berdasarkan aturan tersebut, hari ini kami menindak pengendara yang menggunakan knalpot, yang tidak sesuai standar atau tidak memenuhi kalayakan, selain itu juga pelanggar lainnya seperti tidak memakai helm saat berkendara serta tidak memasang kelengkapan seperti spion dan tanpa nomor plat kendaraan,” bebernya.

Lebih lanjut ia menuturkan, salah satu syarat kelayakan jalan adalah suara yang dihasilkan, ketika knalpotnya bising berarti tidak sesuai standar dan tidak layak jalan itu jelas melanggar Pasal 285.

“Jadi, semua kendaraan yang dioperasionalkan di jalan telah lulus uji teknis, sebagaimana yang tertuang pada Pasal 48 Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009, tentang lalu lintas dan angkutan jalan” tutupnya.(Mp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *