Besok Kemenag Sulbar Gelar Rukyatul Hilal

  • Whatsapp
Ilustrasi pelaksanaan Rukyatul Hilal.(Dok : Google)

Sulbar – editorial9 – Pemantauan hilal oleh tim Rukyatul hilal Kanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Barat, akan dilakukan pada hari ke-29 Ramadhan atau Minggu, 01 Mei 2022 besok.

Hal itu disampaikan oleh Penyusun bahan hisab rukyat, Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag, Abdul Hakim, saat dikonfirmasi, Sabtu, 30/04/22.

Bacaan Lainnya

Menurutnya untuk tempat pemantauan rencananya akan dipusatkan di Tanjung Mercusuar, Lingkungan Sumare, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju.

“Rukyat ini serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, sebagai bahan atau imput pelaksanaan sidang isbat, pada tanggal 01 Mei 2022 bertepatan dengan 29 Ramadhan,” ucap Abdul Hakim.

Selain itu ia menjelaskan, bahwa sidang isbat digelar pada tanggal 01 Mei 2022 besok karena konsumsi atau ijtima untuk wilayah Indonesia, terutama di Kabupaten Mamuju atau Sulbar, itu terjadi pada pukul 04 subuh.

“Sehingga, sudah masuk pada tanggal 01 Mei atau 29 Ramadhan, sehingga rukyat hilal kita laksanakan di hari itu, untuk melihat adanya hilal,” jelasnya.

Yang terlibat dalam pelaksanaan rukyatul hilal, Kakanwil Kemenag Sulbar, Kabid Binmas Islam, seksi Urais dan pembina syariah sebagai tim tehknis pelaksana kegiatan, MUI, BMKG serta pengadilan agama.

“Peralatan yang digunakan, rencananya kita ada teleskop, kamera digital wiliam optik avo 70, tedolit sebagai referensi pembantu untuk bisa memantau benda langit,” ungkap Abdul Hakim.

Meskipun kondisi cuaca kurang mendukung atau mendung, kata Abdul Hakim, pemantauan akan munculnya hilal tetap akan dilakukan.oleh tim Rukyat.

“Jadi tim tehknis rukyatul hilal, dimulai dari siang hari itu sudah standby,” katanya.

Lebih lanjut ia menuturkan, jika kondisi cuaca di Sore hari mendung atau berawan tebal, maka kemungkinan besar hilal akan sulit terlihat, meskipun sudah 4 derajat. Hal itu merupakan kondisi alamiah, yang biasa terjadi di seluruh wilayah Indonesia.

“Kalau misalnya terjadi hujan, maka tim tetap akan melakukan persiapan-persiapan untuk pemantauan. Tetapi, nanti dilaporkan ke panitia sidang isbat, jika di Sulbar terjadi cuaca mendung atau hujan,”tutupnya.(Mp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.