Bupati Mamuju Harap Adanya Pengembangan Spesifikasi BMKG

  • Whatsapp
Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi, saat menjadi pemateri diacara talk show Indonesia waspada gempa.(Dok : Humas Pemkab Mamuju)

Mamuju – editorial9 – Bupati Kabupaten Mamuju, Sutinah Suhardi, menjadi salah satu pemateri di acara maestro talkshow Indonesia waspada gempa yang di inisiasi Maestro Digital Service, secara virtual, Minggu, 09/05/21.

Dalam kesempatan itu, selaku pemerintah di Kabupaten Mamuju, Sutinah Suhardi, menyampaikan harapannya ke pihak Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Bacaan Lainnya

“Selaku pemerintah berharap adanya pengembangan spesifikasi BKMG, perlunya pengembangan SDM sehingga dapat menjadi pesan berantai dan diteruskan ke pemangku kebijakan” harap Sutinah.

Mantan Kadis Perdagangan Kabupaten Mamuju itu, juga menyampaikan perlunya ada spesifikasi stasiun, seperti stasiun geofisika, maritim dan stasiun klimatologi.

“Dengan adanya stasiun khusus tersebut, akan lebih efektif dan maksimal dalam memberikan informasi kepada yang membutuhkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Susanto Samsuddin yang merupakan National Director Habitat For Hummanity Indonesia, menyampaikan bahwa sejak berdiri tahun 1997 organisasinya mulai terlibat dalam respon bencana sejak tahun 2002.

“Sudah 14 provinsi yang sudah dijadikan intervensi dan lebih dari 90 ribu keluarga mulai dari Aceh dan terakhir Mamuju” ujar Susanto.

Diwaktu yang sama, Kepala bidang mitigasi gempa bumi dan tsunami BMKG, Daryono mengutarakan karena Sulawesi Barat masuk dalam zona rawan terjadinya gempa, ia pun menyarankan pemerintah agar gencar dalam melakukan mitigasi bencana.

“Khususnya gempa dan tsunami,” tutur Daryono.

Untuk diketahui, berdasarkan laporan tim Maestro Digital Service, jumlah peserta webinar tersebut berjumlah 125 peserta.(Adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *