Gubernur Minta Pemkab Kreatif Menggali Sumber PAD

  • Whatsapp
Gubernur Alibaal Masdar sambutan diacara Rakoor kementrian keuangan.

Mamuju – Editorial9 – Gubernur Provinsi Sulawesi Barat, Alibaal Masdar (ABM), secara resmi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Kementerian Keuangan Sulbar, yang mengangkat tema “Review Capaian Kinerja Tahun 2019 dan rencana kerja 2020”, di Aula Lantai V, Kantor kementerian keuangan Sulbar, Kamis, 30/01/20.

Sebagaimana diketahui, kegiatan tersebut juga diakhiri dengan pemberian pelajar penghargaan oleh Kepala Kementerian Keuangan kepada Gubernur Sulbar dan lima orang, kemudian disusul pemberian pelakat dari Kepala Kementerian keuangan pada Gubernur Sulbar dan lima orang pemateri.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatannya, Gubernur Sulbar, ABM, mengatakan dalam sistem pemerintahan pusat, daerah maupun kota, diperlukan suatu koordinasi dan sinergi dari berbagai kepentingan, dimana Sulawesi Barat, memiliki potensi SDA yang sangat besar seperti pengembangan usaha, pertanian, perkebunan serta kekayaan hasil laut, dan telah menjadi tulang punggung perekonomian di daerah.

“Pada kesempatan ini saya, selaku Gubernur Sulbar yang juga selaku wakil pemerintah pusat, mendorong kiranya seluruh pemerintah daerah semakin kreatif dalam menggali dan mengoptimalkan sumber-sumber pendapatan asli daerah atau PAD,” ucap ABM.

Selain itu, ia juga menambahkan, terdapat peluang besar yang perlu diantisipasi tentang kesiapan Sulbar menjadi daerah penyangga Ibu Kota Negara yang baru, begitupun sinkronisasi perencanaan dan program antar pemerintah daerah yang perlu ditingkatkan dalam upaya memaksimalkan keunggulan komparatif masing-masing daerah.

“Saya berharap masih banyak kegiatan produksi yang bisa dimaksimalkan seperti dunia usaha dari kalangan muda mudi,” tutupnya.

Untuk diketahui, adapun total alokasi belanja APBN Tahun 2019 di wilayah Provinsi Sulbar mencapai Rp. 11, 06 triliun, dengan rincian alokasi satker Kementerian Lembaga mencapai Rp3,85 Triliun dan TKDD mencapai Rp 7,22 triliun. Dengan total APBD seluruh pemerintah daerah di Sulbar mencapai Rp 8,41 Triliun, maka persentase TKDD mencapai 87 %, dari total pendapatan dalam APBD.(Advetorial Pemprov Sulbar)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.