IPI : Pilkada Serentak 2024 Untungkan PDIP

  • Whatsapp
Direktur IPI, Suwadi Idris.(Dok : Net)

Mamuju – editorial9 – Direktur lembaga survei Indeks Politica Indonesia (IPI), Suwadi Idris Amir, menyebutkan jika Pilkada serentak di 2024, secara politik akan menguntunkan PDIP.

Menurut Suwadi, penyebab sehingga PDIP diuntungkan, karena jika Pilkada serentak dihelat di Tahun 2024, maka 27 Provinsi akan di PLT kan sejak 2023. Selain itu, ada 270 an kabupaten dan kota juga akan di PLT kan juga sejak 2023, oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Bacaan Lainnya

“Dan kita semua tahu, yang PLT kan adalah Mendagri yang merupakan kader PDIP,” ucap Suwadi, via WhatsApp, Senin, 19/04/21.

Selain PDIP, kata Suwadi, Calon Presiden (Capres) usungan atau yang mendapat dukungan istana, dalam hal ini calon yang didukung Jokowi dan PDIP, juga akan menjadi bagian yang diuntungkan.

“Sebab, mereka mengntrol daerah sekitar 60 persenan, yang bisa difokuskan sebagai basis-basis electoral,” katanya.

Lebih lanjut Suwadi menuturkan, bahwa pelaksanaan Pilkada serentak 2024 ini, bukan juga skenario politik PDIP, karena hal itu merupakan keputusan bersama semua Parpol saat Undang-undang disahkan saat itu. Dan secara dinamisasi, ketika tidak berubah 2024 maka PDIP lah paling diuntungkan, karena partai penguasa.

“Artinya PDIP, berhasil mempertahankan Pilkada tetap 2024 dan Parpol lain, takut mengevaluasi perhelatan Pilkada,” tutupnya.(Mp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *