Bandara di Sulbar Tiadakan Penerbangan Komersial

  • Whatsapp
Bandara Tampa Padang, Kabupaten Mamuju.(Foto: Net)

Mamuju – editorial9 – Kepala Bandara Tampa Padang, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, Juli Mujiono, mengungkapkan bahwa tidak lagi penerbangan pesawat komersial, sampai pada 01 Juni 2020 mendatang.

Menurut Juli Mujiono, langkah tersebut dilakukan sebagai upaya mencegah atau memutus mata rantai wabah virus corona (Covid-19),di Sulawesi Barat.

Bacaan Lainnya

“Untuk penerbangan yang memuat kepresidenan, militer, angkutan logistik dan obat – obatan tetap dilayani. Jadi yang ditiadakan itu penerbangan komersial, tetapi kalau penerbangan VIP, kami masih layani. Seperti juga penerbangan yang over flight lain yang melintas,” ucap Juli Mujiono, Sabtu, 25/04/20.

Selain itu ia juga menambahkan, bahwa Dirjen perhubungan udara Kemenhub, telah menghentikan aktivitas penerbangan dalam dan luar negeri, yang berlaku mulai Jumat, 24 April hingga 01 Juni 2020 mendatang. Namun, pihak kepala otoritas penerbangan wilayah Makassar memberikan kelonggaran batas untuk melayani penerbangan komersil.

“Jadi mulai hari ini, Sabtu 25 April 2020, sudah tidak ada lagi penerbangan komersial hingga sampai tanggal 1 Juni 2020 mendatang,” tutupnya.

Untuk diketahui, sebelumnya, Dirjen perhubungan udara, Novie Riyanto, mengutarakan bahwa penghentian penerbangan itu berlaku mulai Jumat 24 April 2020 sampai 01 Juni 2020. Akan tetapi ada pengecualian yakni :

1. Pimpinan lembaga tinggi Negara Republik Indonesia dan tamu atau wakil kenegaraan dan perwakilan organisasi internasional.

2. Operasional penerbangan khusus repatriasi (repatriasi flight) pemulangan WNI maupun WNA.

3. Operasional penegakan hukum, ketertiban, dan pelayanan darurat.
4. Operasional angkutan kargo (Kargo penting dan esensial).

5. Operasional lainnya dengan seizin dari Menteri perhubungan, dalam rangka mendukung percepatan penanganan Covid-19. (Eka/FM)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.