Pemprov Sulbar Siapkan Pasar TPI Mamuju Jadi Lokasi Lomba Inovasi Daerah

  • Whatsapp
Sekprov Sulbar pimpin rapat pemantapan lomba inovasi pengembangan daerah menyambut new normal Covid19.

Mamuju- editorial9 – Dalam rangka mengikuti lomba inovasi pengembangan daerah menyambut new normal Covid19 oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar), menggelar rapat pemantapan, di Kantor Gubernur Sulbar, Senin, 01/06/20.

Rapat yang dipimpin Sekprov Sulbar, Muhammad Idris tersebut, menyepakatai bahwa salah satu lokus yabg akqn dipilih untuk ikut dilombakan adalah pasar tradisional yang berada di kawasan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Mamuju.

Bacaan Lainnya

Suasana rapat pemantapan lomba inovasi pengembangan daerah menyambut new normal Covid19.

Dalam rapat tersebut, membahas mengenai persiapan pembenahan Pasar Tradisional TPI Mamuju dengan konsep penerapan protokol kesehatan Covid-19.
Sekprov Sulbar, Muhammad Idris, mengatakan, Kemendagri RI berupaya mendorong model baru setelah menghadapi pandemi Covid-19 yang membuat situasi menjadi tidak normal.

“Kemendagri RI ingin mendorong sebuah model baru, maka dibuatlah lomba inovasi daerah ini,”ucap Idris.

Menurut Idris, pada lomba inovasi itu menekankan agar melakukan interaksi baru, dengan pendekatan protokol kesehatan Covid-19.

“Saya melihat lomba ini ingin memastikan sektor-sektor yang kita pilih ada praktek baru yang disepakati dan akhirnya terpolakan, terlembagakan dan terinstitusionalisasi menjadi sebuah prakter baru,”ungkapnya.

Idris pun menekankan, agar pembenahan pasar tradisional TPI Mamuju konsepnya dibuat dengan menerapkan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker, kaos tangan, hand zanitizer, tempat pencucian tangan, serta pengaturan jarak fisik dan termasuk juga pengaturan pintu masuk dan keluar ke lokasi itu.

“Disamping itu, kondisi fisik pada sektor tersebut harus juga diperhatikan, agar tidak terlihat kumuh atau lingkungannya terlihat tidak sehat,” katanya.

Idris berharap, dalam pembuatan video pada sektor yang diperlombakan tersebut, dapat menggambarkan seluruh aktifitas di dalamnya dan kondisi fisiknya, baik sebelum menerapan protokol kesehatan Covid-19, maupun sesudahya agar lebih menarik.

Sementara itu Asisten bidang perekonomian dan pembangunan Pemprov Sulbar, Muh. Hamzah, mengatakan, pertemuan tersebut untuk menyimpulkan berbagai persiapan yang akan dilakukan, untuk pembenahan Pasar Tradisional TPI Mamuju sesuai protokol kesehatan Covid-19.

“Kita sudah dua hari ini, berada di lokasi dan semoga hari ini kita dapat simpulkan dan segera melakukan aksi dilapangan untuk melakukan segala persiapan,”kata Hamzah.

Hamzah menekankan, segala persiapan perlu segera dilakukan terutama dalam penyediaan video sektor yang diperlombakan, mengingat waktu persiapan sangat terbatas.

“Waktunya sangat terbatas, persiapan tinggal tujuh hari lagi, sehingga paling lambat 8 Juni 2020 videonya harus sudah terkirim ke pusat,”tandasnya.

Sehubungan hal tersebut, Hamzah meminta Dinas Kominfo, Persandian dan Statstik Sulbar, membuat jadwal pengambilan atau pembuatan video sektor yang diperlombakan.

Dalam pertemuan tersebut, terdapat penambahan tiga sektor lain yang disepakati untuk didorong mengikuti lomba inovasi daerah, yakni PTSP, transportasi dan pasar modern.

Diketahui, lomba inovasi itu digelar pemerintah pusat melalui Kemendagri RI, yang diikuti seluruh pemeritahan daerah, baik provinsi, kabupaten, maupun kota, dengan menetapkan tujuh sektor yang akan diperlombakan, yakni sektor pasar tradisional, pasar modern, restoran, hotel, PTSP, tempat wisata dan transportasi umum.
Sedangkan, output sektor yang diperlombakan tersebut, dibuat dalam bentuk video yang bisa menggambarkan protokol kesehatan dijalankan.
Untuk tahapan penilaian lomba, sosialisasi pelombaan dimulai 29 Mei 2020, pembuatan dan pengiriman video 1-8 Juni 2020, kemudian penilaian 9-12 Juni 2020, dan pengumuman pemenang 15 Juni 2020.(Advetorial)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.