ASN Harus Netral di Pilkada

  • Whatsapp
Gubernur Sulbar, Alibaal Masdar bersama Anggota Bawaslu-RI, First Edward Siregar.(Dok : Ist)

Mamuju – editorial9 – Empat Kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat, yakni Mamuju, Majene, Pasangkayu dan Mamuju Tengah (Mateng), pada 09 Desember 2020 mendatang akan menggelar Pilkada serentak.

Terkait hal tersebut, Gubernur Sulbar, Alibaal Masdar (ABM), meminta para seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), untuk tetap menjaga netralitasnya.

Bacaan Lainnya

“Sebagai ASN harus netral, jangan macam-macam di pilkada,” tegas ABM.saat menghadiri deklarasi netralitas ASN dan penyalahgunaan kewenangan, di salah satu Cafe di Mamuju, Rabu, 25/11/20.

Selain itu, ABM juga menjelaskan, bahwa Pilkada serentak Tahun 2020, merupakan momen baru yang dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia terutama di Sulbar, karena pandemi Covid19 yang melanda di seluruh belahan dunia.

“Untuk itu, harus tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai instruksi dan himbauan dari pemerintah pusat,” jelasnya.

Sementara itu, Anggota Bawaslu-RI Fritz Edward Siregar, mengungkapkan bahwa pilkada secara langsung merupakan kerja bersama dari semua unsur, baik dari semua SKB yang dibentuk dari tahun 2015 dan sudah diperbarui di tahun 2020.

“Yang inti fokus pembahasan adalah netralitas ASN, yang sudah diatur dalam Undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang, aparatur sipil negara,” ungkap Fritz.

Lebih lanjut ia menuturkan, bahwa pihaknya menyadari betul pelaksanakan pesta demokrasi tahun 2020 ini, merupakan tantangan bagi semua elemen, oleh karena profesionalitas sebagai penyelenggara Pilkada, untuk Sulawesi Barat harus jauh lebih baik.

“Tanggung jawab kami, mengajak bapak dan ibu untuk bersama-sama mendukung proses pilkada yang ada, dengan menjaga netralitas dan juga tidak menyalahgunakan kewenangan,” tutupnya.

Untuk diketahui, selain Anggota Bawaslu-RI Fritz Edward Siregar, deklarasi netralitas ASN dan penyalahgunaan kewenangan di Pilkada itu, turut dihadiri para Pjs.Bupati se-Sulbar, Wakajati Sulbar, Agustin, Ketua KPU Sulbar, Rustang, Ketua Bawaslu Sulbar, Sulfan Sulo , Dandim 1418 Mamuju, Letkol. Inf. Tri Aji Sartono,dan undangan lain.(Farid/MP)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *