Menuju Arena PON ke-XX, Atlet Sulbar Diminta Tetap Disiplin Prokes

  • Whatsapp
Penyerahan bendera pataka Sulbar, oleh Gubernur Sulbar, Alibaal Masdar, kepada Ketua Kontingen Sulbar, Muhammad Hamzih, di acara pelepasan kontingen PON XX ke Papua, Minggu, 19/09/21.(Dok : Mp)

Sulbar – editorial9 – Dalam rangka mengikuti pelaksanaan PON ke-XX di Papua, Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Pemprov Sulbar), secara resmi melepas 51 orang atletnya. Prosesi pelepasan tersebut, dipimpin langsung oleh Gubernur Sulbar, Alibaal Masdar, didampingi Sekprov Muhammad Idris dan Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Sulbar (Kadispora) Muhammad Hamzih, di Kantor Merah Putih Gubernur Sulbar, Minggu,19/09/21.

Acara yang berlangsung dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid19 itu, dihadiri oleh Danrem 142 Tatag, Brigjen. TNI, Firman Dahlan, Wakapolda Sulbar, Brigjen. Pol. Umar Faroq, Anggota DPRD Sulbar, Jayadi, serta para tamu undangan lainnya.

Bacaan Lainnya

Gubernur Sulbar, Alibaal Masdar, dalam kesempatannya berpesan kepada para kontingen agar sekiranya memelihara semangat, kebersamaan para atlet, pelatih, dan official, serta jaga kondisi kesehatan dengan baik terutama gizi. Selain itu, tetap mejunjung tinggi sportifitas olahraga, tidak melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan perilaku malaqbi, yang menjadi slogan Provinsi Sulbar.

“Kemudian, memperhatikan faktor keamanan diri dan kontingen, baik di arena maupun di tempat lain, serta harus selalu mengingat untuk jaga diri dan orang lain dari ancaman Covid19, dengan disiplin melakukan protokol kesehatan,” ucap Alibaal.

Alibaal juga mengakui bahwa terkait pelaksanaan PON tersebut, Provinsi Sulbar sangat ingin mengikuti banyak Cabang Olahraga (Cabor), untuk memberikan banyak pengalaman kepada para atlet yang berlaga. Namun, lantaran adanya keterbatasan akibat pandemi Covid19 dan bencana gempa bumi yang mengguncang Bumi Tanah Malaqbi 15 Januari Tahun 2021 lalu, sehingga niatan itu tak bisa direalisasikan.

“Sehingga, kali ini Sulbar hanya mengikuti delapan Cabor saja, seperti renang, atletik, catur, dayung, sepak takraw, muaythai, panjang tebing, dan balap motor,” ungkapnya.

“Semoga upaya yang telah dilakukan akan membuahkan hasil maksimal untuk Sulbar di arena PON ke-XX nantinya,” sambung mantan Bupati Kabupaten Polman dua periode itu.

Sementara itu, Kadispora Sulbar, Muhammad Hamzih, menjelaskan bahwa secara teknis jadwal pemberangkatan terhadap para atlet dari delapan Cabor ke arena PON, akan dilakukan secara bertahap. Yakni sepak takraw, muaythai, dan dayung pada 23 September 2021 ke Jayapura. Kemudian, untuk atlet panjat tebing 24 September 2021 menuju Mimika. Selanjutnya, catur 01 Oktober 2021 di Merauke.

“Sementara untuk atlet renang 02 Oktober 2021 menuju Jayapura, balap motor 02 Oktober 2021 menuju Marauke dan atletik 02 Oktober 2021, menuju Mimika,” jelas Hamzih.

Lebih lanjut menurut Hamzih, untuk jadwal pertandingan dari delapan Cabor itu, yakni catur mulai 04 hingga 13 Oktober 2021 di Ballroom Swiss Ball Marauke. Olah raga dayung bertanding pada 27 September sampai 13 Oktober 2021 di Teluk Lutepa Jayapura. Sepak takraw di tanggal 27 September hingga 09 Oktober 2021 di GOR Trikora Puncen Jayapura. Sementara atletik tanggal 05 sampai 14 Oktober di Kota Kencana Mimika.

“Untuk balap motor, akan berlangsung di tanggal 06 Oktober, di Tanah Miring Marauke. Renang akan dilangsungkan pada tanggal 04 sampai 07 Oktober di Kolam Lonjat Indah Stadion Kampung Harapan Jayapura. Muaythai 27 September hingga 3 Oktober 2021 di GOR Tetedini Jayapura dan panjat tebing 27 September sampai 03 Oktober 2021 di Mimika,” tutupnya.(Mp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *