Soal Rekrutmen Badan Adhoc, KPU Polman Tunggu Juknis

  • Whatsapp
Komisioner KPU Polman, Munawir Arifin.

Polman – editorial9 – KPU Kabupaten Polman, hingga saat ini masih menunggu Juknis tentang jadwal tahapan rekrutmen PPK, PPS dan KPPS untuk Pemilu 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Komisioner KPU Polman, Munawir Arifin, saat dikonfirmasi, usai acara sosialisasi tahapan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 dengan awak media, di Cafe Batistuta, Polewali, Rabu, 09/11/22. Malam.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, seluruh proses tahapan hingga mekanisme perekrutan badan adhoc, akan dijelaskan di dalam Juknis yang nantinya akan diturunkan oleh KPU RI itu.

“Makanya, hingga saat ini di dalam PKPU itu hanya ada syarat-syarat umum,” ucap Munawir Arifin.

Selain itu ia menambahkan, dalam PKPU Nomor 8 Tahun 2022, terdapat pula perubahan tentang batasan usia bagi petugas KPPS, yakni mulai dari usia 17 hingga 55 tahun.

“Kalau dulu kan tidak ada batasan usia. Termasuk pula, batasan periodesasi badan adhock, di PKPU baru juga tidak ada batasan periodesasi itu,” tambahnya.

Ia juga berharap, masyarakat yang ingin mendaftarkan diri, agar mempelajari Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc (SIAKBA), yang telah disosialisasikan melalui akun Medsos KPU.

“Karena mekanisme rekrutmen adhoc kita melalui SIAKBA. Tapi, KPU tetap menyiapkan helpdes SIAKBA sebagai tempat bagi masyarakat, yang ingin mendapatkan informasi terkait SIAKBA itu,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia juga meminta seluruh masyarakat yang ingin mendaftarkan diri, sebagai petugas PPK, PPS hingga KPPS, untuk melakukan pengecekan identitasnya di Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) KPU.

“Jangan sampai namanya terdaftar di SIPOL, karena itu nantinya akan menyulitkan masyarakat dalam proses pendaftaran itu,” tutupnya. (MP)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *