Sambut Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, Bawaslu Tunggu PKPU

  • Whatsapp
Ketua Bawaslu RI, Abhan, (Dok : Mp)

Mamuju – editorial9 – Bawaslu dipastikan selalu siap dalam menyambut pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak di Tahun 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu RI, Abhan mengatakan bahwa secara prinsip pihaknya siap untuk melakukan pengawasan, akan tetapi Bawaslu secara kelembagaan hingga saat ini, masih menunggu diturunkannya PKPU tentang Pilkada dan Pemilu serentak di Tahun 2024.

Bacaan Lainnya

“Kita akan melihat PKPUnya seperti apa dan sebagainya, metode kampanyenya bentuknya seperti apa dan sebagainya. Pada prinsipnya kami siap,” ucap Abhan, usai menghadiri acara padarus pengawasan Pilkada, disalah satu hotel di Mamuju, 03/05/21. Malam.

Abhan menilai, pelaksanaan Pilkada dan Pemilu serentak di Tahun 2024 mendatang tidak akan berbeda jauh dengan Pemilu Tahun 2019 serta Pilkada serentak 09 Desember Tahun 2020.

“Kan kemarin (Pemilu Tahun 2019), metode kampanye tatap muka itu tidak ada, tentu media sosial menjadi bagian yang intens untuk digunakan bagi peserta Pemilu,”ungkapnya.

Menurut Abhan, untuk pelaksanaan tehknis pengawasan Pilkada dan Pemilu yang dilaksanakan oleh Bawaslu, senantiasa merujuk pada PKPU.

“Rujukannya itu, tentu juga rujukannya undang-undang. Undang – undang 7 kan sudah ada, tapi nanti tehknisnya kan PKPU, bukan berarti kita belum siap, kita siap tapi nanti tehknisnya seperti yang ada di PKPU,” tutupnya.(Mp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *