Tiga Parpol Paling Berpeluang Usung Kader di Pilkada Polman 2024

  • Whatsapp

Polman – editorial9 – Golkar, PKB dan Gerindra disebut sebagai Tiga Parpol yang paling berpeluang mengusung kader di Pilkada Polman 2024. Hal ini tergambar dalam simulasi sesi II yang dirilis oleh Logos Politika, Senin, 29/11/21.

Direktur Logos Politika, Maenunis Amin menyebut simulasi yang dibuat per bulan November, adalah simulasi sesi II dengan mengikuti sejumlah perkembangan opini, yang berkembang.

Bacaan Lainnya

“Simulasi sesi II ini kita buat untuk dua kebutuhan. Pertama, mengevaluasi perkembangan isu dan opini publik. Kedua, membuat simulasi sebagai variabel komparatif menghadapi survei resmi yang akan diturunkan oleh sejumlah partai ataupun figur pada Februari-Juni 2022 mendatang. Untuk simulasi I ini kita ambil Golkar, PKB dan Gerindra sebagai partai yang paling potensial mengusung kadernya untuk maju di Pilkada Polman 2024.” ucap Maenunis.

Ketiga partai tersebut dinilainya paling siap dengan instrumen politiknya, baik pemenuhan persyaratan pencalonan ataupun kesiapan figur.

“Diatas kertas, Golkar, PKB dan Gerindra dengan masing-masing 6 kursinya sudah modal mengusung. Golkar juga sudah mendeklarasikan H. Samsul Mahmud sebagai bakal calon Bupati. Sedangkan di PKB ada Kyai Syibli Sahabuddin dan Gerindra punya Andi Ruskati Ali Baal yang popularitas juga sudah cukup maksimal. Sayang kalau ketiga partai besar ini mengusung figur non kader.” Imbuhnya.

Golkar, PKB dan Gerindra, juga disebut bisa mengunci calon di Pilkada Polman menjadi Tiga pasangan atau Dua pasangan.

“Kalau ketiganya maju mengusung calon Bupati, maka ketiganya bisa menjadi magnet dan dinamika koalisi partai akan menjadi lebih sederhana dengan tiga pasangan calon Bupati-Wakil Bupati,” terangnya.

“Tapi kalau dua dari tiga partai diatas berkoalisi, maka potensi head to head menjadi sangat terbuka dan tarik menarik koalisi akan lebih ketat.” sambungya.

Meskipun hasil Pileg 2024 yang akan dijadikan rujukan kursi dukungan Pilkada 2024, akan tetapi menurutnya, baik Golkar, PKB ataupun Gerindra masih akan mampu mempertahankan perolehan kursinya.

“Prediksi saya ketiganya bakal mempertahankan jumlah kursinya sekarang. Kalaupun bergeser pada Pileg 2024 nanti, paling hanya dengan plus minus satu kursi. Jadi bisa tetap 6 kursi, atau bertambah jadi 7 kursi ataupun berkurang jadi 5 kursi.” tutupnya.(Mp)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *