Menilik Kesiapan Pilkada 2020, JPPR Akan Gelar Diskusi Awal Tahun

  • Whatsapp
Logo resmi JPPR. (Foto : Net)

Polewali – Editorial9 – Menyambut pelaksanaan Pemilihan kepala daerah serentak 2020, Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPPR) Sulawesi Barat, rencananya akan  menggelar diskusi Awal tahun 2020 dengan tema “Konsolidasi Masyarakat Sipil dalam Menyongsong Pilkada 2020”.

Diskusi awal tahun ini, dijadwalkan akan berlangsung pada Sabtu, siang besok, 25 Januari 2020, di Cafe NR, Pekkabata, Kabupaten Polewali Mandar.

Bacaan Lainnya

Koordinator JPPR Wilayah Sulbar, Firdaus Abdullah, kepada wartawan menjelaskan, diskusi awal tahun ini sengaja digelar sebagai bagian dari melihat kesiapan menyambut pelaksanaan Pilkada Serentak 2020.

“Tentu saja kesiapan di sini adalah kesiapan semua kita, baik dari penyelenggara pilkada, pengawas, pemantau, dan masyarakat secara luas. Utamanya melihat bagaimana kesiapan kita semua dalam rangka berpartisipasi dalam perhelatan demokrasi untuk memilih kepala daerah di empat kabupaten di Sulbar yang tahun ini menggelar pilkada,” jelas Firdaus, Jumat, 24/01/20.

Menurut Firdaus, tajuk diskusi tersebut juga sengaja dipilih dalam rangka mengingatkan pentingnya membangun konsolidasi khususnya bagi masyarakat sipil dalam upaya meningkatkan partisipasi langsung dalam demokrasi melalui pilkada.

“Harapan kita tentu saja, kualitas demokrasi kita dari waktu ke waktu semakin meningkat. Bagaimana terus membangun kecerdasan pemilih, melawan politik uang dan kecurangan pemilu dan pilkada, dan meningkatkan angka partisipasi masyarakat di pilkada dan pemilu,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia menuturkan bahwa diskusi tersebut rencananya akan menghadirkan sejumlah narasumber, yakni Bawaslu Sulbar, KPU, Presidium JADI Polewali Mandar, dan JPPR.

“Diskusi ini akan menghadirkan narasumber masing-masing, Anggota Bawaslu Sulbar Dr. Fitrinela, Anggota KPU Majene Munawir Ridwan, Anggota KPU Polman Andi Rannu, Ketua Presidium JADI Polman Achmadi Touwe, dan Koordinator JPPR Sulawesi Barat Firdaus Abdullah,” tutupnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.