Soal Teknis Debat Publik, Ini Penjelasan KPU Mamuju

  • Whatsapp
Suasana gladi agenda debat publik putaran pertama di KPU Mamuju.(Dok : Ist)

Mamuju – editorial9 – Tahapan pelaksanaan debat publik putaran pertama Paslon Bupati dan Wakil Bupati untuk Pilkada serentak 2020, akan mulai dilaksanakan besok Sabtu, 21 Oktober 2020, oleh KPU Kabupaten Mamuju, di salah satu Hotel di Kota Mamuju.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Mamuju, Hamdan Dangkang, selain kesempatan bagi masing-masing pasangan calon untuk menyampaikan visi misinya, agenda debat publik putaran pertama ini, juga akan diwarnai aksi saling menjawab pertanyaan yang telah disiapkan oleh tim panelis.

Bacaan Lainnya

“Jika Paslon nomor urut satu yang akan menjawab, maka yang mencabut pertanyaan untuk Paslon nomor urut satu itu adalah Paslon nomor urut dua. Begitu pula sebaliknya. Pertanyaan itu disimpan dalam amplop tersegel. Untuk masing-masing tema, ada lima amplop berisi pertanyaan yang telah disusun oleh tim panelis,” ucap Hamdan, di sela-sela gladi debat publik, Jum’at, 30/10/20. Malam.

Selain itu, kata Hamdan, debat eksploratif juga akan tersaji di debat publik putaran pertama tersebut. Masing-masing pasangan calon diberi kesempatan untuk melontarkan pertanyaan ke kompetitornya di panggung debat.

“Kemudian dijawab, lalu diberi kesempatan bagi penanya untuk menanggapi jawaban tersebut. Ingat, pertanyaan itu mesti sesuai dengan tema debat publik putaran pertama ini,” katanya.

Lebih lanjut ia menuturkan, bahwa untuk tim panelis yang telah dipercaya menyusun materi debat, hingga kini pihaknya selaku pelaksana enggan mempublikasikannya, hal itu dilakukan agar pelaksanaan debat publik putaran pertama ini, jauh dari ragam prasangka buruk dari pihak lain.

“Makanya, kami belum bisa membuka siapa yang jadi tim panelis di debat putaran pertama ini. Kami tidak mau, ada kesan bahwa pelaksanaan debat ini dituding ada permainan antara pasangan calon dengan panelis,” tutupnya.(*/MP)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.