Tina-Ado Programkan Kartu Mamuju Keren, Ini Keistimewaannya

  • Whatsapp
Kartu Mamuju Keren.

Mamuju – editorial9 – Pasangan Calon Bupati Mamuju dan Wakil Bupati Mamuju, Sutinah Suhardi dan Ado Mas’ud (Tina-Ado), secara resmi memperkenalkan Kartu Mamuju Keren, yang diprogramkannya jika nantinya terpilih di Pilkada 09 Desember 2020 mendatang.

Cabup Siti Sutinah Suhardi, dalam launching “Kartu Mamuju Keren” yang disiarkan langsung dari Stasiun Manakarra TV, Minggu Malam, 18 Oktober 2020, mengungkapkan segudang manfaat dari Kartu yang menjadi program unggulannya itu.

Bacaan Lainnya

“Kartu Mamuju Keren, adalah kartu layanan yang akan diberikan kepada warga Mamuju, utamanya kepada warga masyarakat yang kategori taraf hidup pra sejahtera,” ucap Sutinah.

Menurutnya, program Kartu Mamuju Keren itu dilakukan, sebagai upaya efektivitas pelayanan, dan upaya untuk mengoptimalkan pelayanan pada masyarakat melalui bantuan.

“Kartu ini juga dimaksudkan, untuk meminimalisir salah sasaran bantuan yang sering sekali terjadi hingga hari ini pada pemerintahan, Baik sekarang maupun juga sebelum ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, mantan Kadis Perdagangan Kabupaten Mamuju itu juga memaparkan bahwa dalam Kartu Mamuju Keren, akan memuat identitas data dan informasi dari masing-masing kepala keluarga.

“Meliputi data seluruh anggota keluarga, data kependudukan masing-masing anggota keluarga, status pendidikan, pekerjaan, kondisi rumah, kondisi penerangan, layanan sanitasi dan air bersih, layanan kesehatan dan kondisi ekonomi,” paparnya.

Kartu Mamuju Keren juga nantinya, menurut Sutinah, akan menjadi Kartu ATM bagi penerima Beasiswa Manakarra, yang diperuntukkan bagi pemuda-pemudi Mamuju yang terkendala biaya untuk melanjutkan ke jenjang studi S1, S2 maupun S3.

“Hal ini akan dikerjasamakan pemerintah dengan pihak perbankan, sebagai upaya pemerintah daerah dalam kemajuan bidang pendidikan,” jelasnya.

“Kartu ini, juga berfungsi sebagai kartu akses pelayanan kesehatan dimana nantinya, masyarakat cukup datang ke layanan kesehatan, untuk memperoleh layanan secara gratis usai diverifikasi oleh pihak Faskes setempat,” sambungnya.

Secara teknis Kartu Mamuju Keren, kata Sutinah, nantinya desa dan kelurahan akan melakukan pendataan atau pemutakhiran data kepala keluarga, dengan instrument yang dibuat, by name by address, utamanya warga penerima PKH, KIP, Bansos, dan lain-lain.

“Hasil data, akan dimasukkan kedalam data base kartu Mamuju Keren, dan akan didistribusikan kembali ke warga. Khusus untuk Kartu Mamuju Keren untuk Pendidikan, akan berisi data base penerima beasiswa, sekaligus berfungsi sebagai ATM dikerjasamakan dengan bank pemerintah, penerima kartu ini, berdasarkan seleksi dan kriteria yang akan ditetapkan oleh pemerintah,” tutupnya.

Berikut manfaat Kartu Mamuju Keren Tina-Ado :

1.Instrumen pendataan identitas kependudukan terintegrasi dan lengkap.

2.Kartu ATM, bagi penerima beasiswa pendidikan, maupun stimulan perekonomian.

3.Kartu layanan kesehatan gratis.

4.Kartu Identitas Perekonomian.(Luk/MP)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *